Inilah Teknik Ilustrasi Tradisional yang Perlu Kamu Ketahui


Inilah Teknik Ilustrasi Tradisional yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi adalah hasil visualisasi tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi yang lebih menekankan pada hubungan subjek dengan tulisan. Nah, untuk membuatnya, kamu bisa memilih beberapa teknik, diantaranya teknik tradisional dan modern. Namun, kali ini kita akan membahas tentang teknik tradisional yang masih populer digunakan dan diminati.
Apa saja teknik ilustrasi tradisional? Mari kita bahas.

1. Woodcutting

Woodcutting merupakan salah satu teknik kuno dan populer pada abad pertengahan. Cara penggunaannya menggunakan media kayu. Sebagian besar masyarakat masih menggunakan teknik ini karena hasilnya tampak terstruktur dengan panduan warna gelap dan terang serta memiliki goresan-goresan yang relatif besar.

2. Metal etchings

Teknik yang satu ini bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan karena memanfaatkan beberapa lapisan seng, baja, maupun logam yang telah dicelupkan pada zat asam. Setelah itu lapisan baja/seng/logam tersebut dimasukkan ke dalam mesin pencetak yang mempunyai tekanan tinggi dengan kertas hingga nantinya menghasilkan cetakan.

3. Pencil illustration

Teknik tradisional ini merupakan teknik yang paling populer karena pembuatannya yang cukup simple, seperti menciptakan garis tajam dan akurat dengan bayangan dan transisi lembut.

Terdapat 3 perbedaan yang dihasilkan, diantaranya: ilustrasi pensil yang memiliki gaya monokrom, pensil warna dengan warna yang relatif halus dan lembut, serta perpaduan warna yang lebih tajam dan full colour. Selain itu, teknik ini seringkali menggunakan ukuran pensil yang berbeda dalam setiap unsur gambarnya.

4. Charcoal illustration

Teknik selanjutnya adalah teknik menggunakan arang. Unik bukan? Mungkin memang sekilas terlihat aneh, arang dijadikan gambar. Namun, penggunaan arang nyatanya membuat gambar justru terlihat lebih terstruktur. Bahkan si illustrator seringkali menggunakan jari atau tisu untuk menciptakan bayangan halus dan lembut.

Arang yang sudah digoreskan di atas kertas akan menimbulkan serbuk-serbuk hitam karena sudah tergores, serbuk itulah yang akan menjadi bayang-bayang. Sehingga menghasilkan garis yang bertekstur.

5. Watercolor illustrations

Watercolour adalah salah satu teknik tradisional yang menghasilkan gambar dengan warna yang terkesan lebih lembut. Teknik ini menggunakan cat air di atas kertas khusus dengan pigmen warna, sehingga menghasilkan nuansa tertentu serta memberikan transparansi berbeda melalui penambahan air kedalam campuran warna.

6. Gouache illustrations

Gouache merupakan bahasa perancis yang memiliki tampilan burram. Warna tersebut akan terlihat jika diaplikasikan pada gambar. Teknik ini memiliki kemiripan dengan watercolour illustration, perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan, yakni cat air. Gouache seringkali digunakan untuk karya poster, ilustrasi, atau komik.

7. Acrylics illustration

Teknik ini banyak diminati karena lebih mudah jika dibandingkan dengan watercoulour atau gouache illustrations. Bahan yang digunakan adalah cat akrilik yang mengakibatkan warna menjadi terlihat lebih tebal. Cat ini tersedia dlam beberapa jenis dengan harga yang beragam. Kelebihan dari cat ini adalah mudah kering saat digunakan.

8. Collage illustration

Teknik kali ini menggunakan potongan kertas yang ditempel ke atas sketsa gambar. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan shading dari lapisan kolase yang berbeda untuk mencapai efek 3D. Oleh karena itu, keunikan dan kemudahan yang dihasilkan dari teknik ini seringkali memunculkan inspirasi baru.

9. pen and ink illustration

Teknik ini menggunakan tinta dengan area kontras yang kuat. Untuk memperoleh nilai gradasi bisa dibilang cukup sulit, namun akan terlihat lebih mudah jika menggunakan tinta dan kuas.

Itu tadi adalah sekilas informasi mengenai teknik tradisional yang masih sering digunakan. Jika sudah ada teknik modern dalam menggambar illustrasi, kamu tetap bisa mengguanakan teknik tradisional untuk menghasilkan gambar, karena teknik ilustrasi tradisional tetap bisa menghasilkan gambar yang relatif bagus, tak kalah dengan dengan gambar dengan teknik modern.

0 comments:

Posting Komentar