Ketahuilah Manfaat Permainan Menggambar Untuk Stimulasi Otak Si Buah Hati


Ketahuilah Manfaat Permainan Menggambar Untuk Stimulasi Otak Si Buah Hati

Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya agar dapat berprestasi dan menjadi anak yang memiliki pengetahuan yang gemilang. Tetapi seringkali kita melihat orang tua tidak membiarkan buah hatinya untuk bermain diluar dan lebih memilih membiarkan bermain di dalam rumah dengan permainan yang ada di gadget. Padahal bermain di luar seperti bermain permainan menggambar dapat membantu anak mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekitarnya.

Orang tua biasanya seringkali melarang anak untuk bermain di luar karena takut jika bakteri dan kotoran di luar ruangan dapat menurunkan imunitas sang anak. Dengan begitu sang anak akan menjadi sakit. Padahal banyak sekali permainan yang dapat dimainkan di luar dan dapat membantu mengasah kemampuan otak si anak. Adapun beberapa manfaat dari permainan dalam bentuk menggambar bagi stimulus otak sang anak sebagai berikut.

  1. Memperkuat Kemampuan Otak Kanan Sang Anak
Membiarkan sang anak bermain permainan seperti menggambar ternyata dapat berpengaruh pada kemampuan otak kanan sang anak. Hal ini karena dengan menggambar, maka sang anak dapat berimajinasi dan mencoba untuk mengasah kreativitasnya. Otak kanan merupakan otak yang berperan dalam pengasahan kreativitas sehingga permainan seperti menggambar ini akan memperkuat kemampuan otak kanan sang anak.

Bagi Anda yang ingin agar anak tidak hanya cerdas di bidang akademik saja, maka Anda harus membiasakan sang anak untuk berani mengeksplor dan bermain permainan yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatifnya. Dengan begitu, anak Anda tidak akan hanya memiliki otak yang kuat pada otak kiri saja tetapi kemampuan otak kanan dan kiri dapat seimbang.

  1. Dapat Membuat Anak Berpikir Imajinatif dan Kreatif
Dalam aktivitas menggambar, anak akan disuruh untuk mencari dan mendapatkan ide yang kreatif. Hal ini agar hasil menggambar tidak cenderung general. Dengan melakukan permainan seperti menggambar maka sang anak akan disuruh untuk mengasah kemampuannya dalam berpikir imajinatif dan menemukan ide menggambarnya sendiri.

Selain itu, dalam permainan menggambar sang anak akan disuruh untuk memilih warna untuk memberikan sentuhan pada gambar. Pemilihan warna pada gambar anak ini akan sangat membantu kemampuan otak sang anak dalam mengetahui warna dan bagaimana cara mencampurkan warna primer dan menghasilkan warna-warna sekunder. Hal ini tentunya akan dengan mudah mengasah kemampuan otak sang anak.

  1. Dapat Meningkatkan Memori Sang Anak
Permainan dalam bentuk menggambar ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak sang anak. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menggunakan subjek penelitian orang lanjut usia. Dimana orang lanjut usia yang disuruh untuk menggambar akan menunjukkan peningkatan fungsi memorinya. Hal ini tentunya bukan hanya baik bagi orang lanjut usia tetapi juga bagi anak-anak.

Anda yang ingin anak memiliki kemampuan otak sang anak lebih baik dan memiliki kemampuan memori dalam mengingat lebih tajam, maka permainan dengan menggambar akan sangat membantu sang anak. Hal ini tentunya akan membuat sang anak dapat mengingat sesuatu dengan cepat dan baik serta menghindarkan sang anak dari penyakit-penyakit yang berkaitan dengan otak seperti demensia, alzheimer dan lain-lain.

Itulah beberapa manfaat yang bisa sang anak dapatkan jika melakukan permainan menggambar. Jika Anda ingin anak lebih cerdas dan memiliki kemampuan otak yang baik maka Anda dapat menganjurkan anak bermain permainan ini dibanding bermain permainan yang ada pada gadget.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!


0 comments:

Posting Komentar