Syarat Pengajuan Kartu Kredit untuk Non-Pegawai


Syarat Pengajuan Kartu Kredit untuk Non-Pegawai

Kartu kredit sudah menjadi semacam kebutuhan bagi setiap orang. Tidak hanya yang berprofesi sebagai pegawai, Anda yang non-pegawai pun bisa memilikinya. Syarat pengajuan kartu kredit Niaga untuk non-pegawai tidak jauh berbeda dengan yang pegawai. Sama-sama mudah dan cepat.

Anda yang baru pertama kali mengajukan kartu kredit pun, bisa disetujui oleh Bank apabila telah memenuhi syarat yang ditetapkan. Tidak ada diskriminasi dalam kepemilikan kartu kredit.

Namun ingatlah selalu, jadikan kartu kredit sebagai alat pembayaran saja. Ketika sudah tiba waktunya untuk melakukan pembayaran bulanan, bayarlah secara penuh tagihan yang ada. Jangan hanya membayar pada batas minimum dengan alasan berhemat. Kartu kredit bukan tambahan penghasilan. Suatu saat Anda harus membayar apa yang sudah Anda gunakan.

Selain itu, pilihlah limit kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan Anda. jangan memilih limit besar namun tidak bisa Anda tanggung. Limit kartu kredit yang besar juga akan membuat Anda semakin konsumtif.

Jika prinsip-prinsip tersebut sudah Anda pegang teguh, tidak ada lagi cerita soal menunggak tagihan kartu kredit atau bahkan tidak mampu membayarnya. Anda menyadari sepenuhnya kartu kredit hanyalah alat pembayaran yang mudah. Penggunaannya disesuaikan dengan gaji bulanan Anda.

Baik karyawan yang memiliki gaji tetap tiap bulan ataupun non-karyawan yang memiliki usaha sendiri dengan gaji yang tidak tentu, sama-sama berpotensi menunggak tagihan jika menggunakan kartu kredit secara sembarangan. Apalagi Anda yang non-karyawan dengan penghasilan yang naik turun setiap bulannya.

Persyaratan Mengajukan Kartu Kredit

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit, ada baiknya Anda memikirkan hal-hal baik dan buruk yang mungkin terjadi ke depannya. Kartu kredit sejatinya memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan benar. Apalagi saat ini, syarat pengajuan kartu kredit Niaga untuk non-pegawai semakin dipermudah.

Anda yang non-pegawai dan ingin memiliki kartu kredit Niaga, simak syarat pengajuannya berikut ini :

1. Syarat usia

Jika Anda sudah mencapai usia 21 tahun, Anda bisa mengajukan untuk kepemilikan kartu kredit utama. Batas usia maksimal untuk pemilik kartu kredit utama adalah 65 tahun.
Jika usia Anda belum mencukupi atau telah lewat dari 65 tahun, Anda bisa menjadi pemilik kartu kredit tambahan. Usia minimal untuk pemegang pemilik kartu kredit tambahan adalah 17 tahun dan maksimal 70 tahun.

2. Fotokopi KTP/ KITAS

Dokumen pertama yang harus Anda siapkan adalah fotokopi KTP untuk identitas diri Anda. Jika KTP Anda belum jadi atau hilang, Anda bisa menggunakan paspor. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa fotokopi sekaligus yang asli ketika mengajukan kepemilikan kartu kredit.

3. Fotokopi rekening tabungan

Yang membedakan syarat aplikasi untuk pegawai dan non-pegawai adalah pada dokumen yang menerangkan bukti penghasilan. Untuk yang berprofesi sebagai pegawai, Anda akan diminta melampirkan slip gaji. Karena non-pegawai tidak memiliki slip gaji, Anda diminta untuk melampirkan fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir.

4. Fotokopi akta pendirian/ SIUP/ TDP

Karena Anda statusnya adalah seorang wirausaha yang menjalankan usaha tertentu, bank butuh bukti untuk itu. Usaha yang sudah memiliki salah satu dari dokumen tersebut berarti usaha yang dijalankannya sudha memiliki legalitas. Dengan begitu, usaha Anda akan memiliki kredibilitas yang terpercaya dan diakui oleh pemerintah.

Ada beberapa jenis dokumen remi untuk usaha, yaitu :

- SIUP adalah kepanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Dikeluarkan oleh pejabat pemerintah. SIUP diberikan kepada usaha dengan modal atau kekayaan dengan netto mulai dari Rp50 juta.

- Akta pendirian adalah dokumen resmi yang dibuat oleh notaris terkair berdirinya suatu perusahaan.

- TDP (TAnda Daftar Perusahaan) adalah suatu bukti bahwa badan usaha tersebut telah melaksanakan kewajibannya dengan melakukan pendaftara perusahaan.

5. Fotokopi NPWP

Yang terakhir adalah fotokopi NPWP. Ini adalah syarat opsional. Dilampirkan jika Anda menginginkan kartu kredit dengan limit lebih dari Rp 50juta. Jika limit yang Anda inginkan kurang dari Rp50 juta, Anda tidak perlu melampirkan fotokopi NPWP sebagai syarat pengajuaan kartu kredit Niaga.

Selain kelima syarat tersebut, jangan lupa untuk melengkapi formulir aplikasi kartu kredit Niaga. Selain itu, pastikan penghasilan Anda dari usaha yang dijalankan minimal Rp3 juta.
Kartu kredit bagi Anda yang non pegawai atau wirausaha, tidak hanya dapat digunakan untuk memenuhi gaya hidup semata. Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membayar tagihan-tagihan bisnis yang Anda jalani, misalnya membeli barang-barang yang akan dijual.

Selain itu, memiliki kartu kredit dalam jangka waktu minimal satu tahun membuat Anda berhak untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Sesuai dengan namanya, KTA tidak perlu melampirkan jaminan apapun. KTA ini bisa Anda gunakan untuk menambah modal dan memperbesar usaha Anda.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit untuk Non-Pegawai

Dengan segala kebermanfaatan yang didapat dari memiliki kartu kredit, Anda tentunya tidak perlu berpikir dua kali untuk segera memilikinya. Baik Anda yang berprofesi sebagai pegawai maupun non-pegawai, semuanya bisa memiliki kartu kredit ini. Apalagi syarat pengajuan kartu kredit Niaga dan cara pengajuannya juga mudah, bisa Anda lakukan secara online, melalui website https://www.cekaja.com/banks/cimb-niaga/kartu-kredit akan menjawab segala pertanyaan Anda

1 komentar: