2 Jenis Asuransi Pendidikan di Indonesia


2 Jenis Asuransi Pendidikan di Indonesia

Terdapat banyak ragam jenis asuransi yang ditawarkan di Indonesia. Salah satunya adalah asuransi pendidikan. Asuransi jenis ini banyak digunakan untuk mendapatkan jaminan di masa mendatang untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan jika terjadi penurunan kondisi ekonomi keluarga tertanggung. Tentu ketika memilih, kita pasti menginginkan asuransi pendidikan terbaik.

Sebenarnya salah satu cara untuk mendapatkan asuransi yang memberikan manfaat maksimal adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Ada banyak sekali produk asuransi, dan kita sebagai nasabah yang harus benar-benar memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Hal tersebut dapat membuat nasabah merasakan manfaat yang diberikan secara lebih maksimal.

Jenis Asuransi Pendidikan di Indonesia

Berbicara asuransi pendidikan, sebenarnya di Indonesia sudah mulai banyak digunakan meskipun masih dibawah asuransi jiwa dan kesehatan. Asuransi pendidikan dipersiapkan untuk pembiayaan pendidikan anak jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kematian atau perusahaan yang mengalami gulung tikar. Maka pendidikan anak tidak boleh terkena imbas dari risiko tersebut. Lalu apa saja bentuk dari asuransi pendidikan di Indonesia?

1. Asuransi Dwiguna (Endowment)

Jenis asuransi termasuk konvensional dan sistemnya sudah sejak lama digunakan di Indonesia. Asuransi pendidikan dwiguna, sama seperti namanya memiliki dua fungsi yaitu sebagai asuransi sekaligus menjadi tabungan pendidikan. Besaran yang nanti akan didapatkan memiliki nilai yang sama dengan premi yang dibayarkan.

Misalnya Ibu A membeli produk asuransi dwiguna untuk mendapatkan rencana dana yang diberika atas pendidikan anaknya adalah Rp.50.000.000,00 dengan jangka waktu asuransi selama 10 tahun. Maka premi yang harus dibayarkan oleh Ibu A adalah Rp.5.000.000,00 di setiap tahunnya.

Jika Ibu A meninggal maka anaknya akan mendapatkan uang pertanggungan yang dapat dicairkan secara berkala. Jadi sistemnya seperti tabungan yang hanya dapat diambil pada waktu-waktu tertentu.

2. Asuransi Unit Link

Jenis asuransi pendidikan terbaik yang diinginkan nasabah memang selalu berkembang mengikuti zaman. Salah satunya asuransi unit link. Jenis ini tergolong baru karena memberikan layanan yang sedikit berbeda. Dengan menggunakan jenis asuransi ini. Anda akan berkesempatan untuk melakukan investasi. Investasi dilakukan dengan menambahkan nilai premi yang dibayarkan.

Karena namanya masih asuransi, maka ada premi yang harus dibayarkan ditambah dengan berapa besaran biaya yang diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Ketika masa investasi berakhir, hasil dari investasi ini dapat diambil baik yang tertanggung mengalami risiko ataupun tidak. Tapi karena sistemnya investasi, maka Anda harus siap dengan fluktuasi dana (naik turunnya keuntungan).

Demikian dua jenis asuransi pendidikan yang ada di Indonesia. Jika Anda mencari asuransi pendidikan terbaik diantara keduanya, maka sebenarnya tidak dapat dibandingkan. Semua kembali kepada kebutuhan Anda. Apakah akan menggunakan jenis dwiguna atau unit link. Berkonsultasilah sebelum memilih produk asuransi. Semoga bermanfaat.



0 comments:

Posting Komentar